Tips Merawat Motor

oli

Cek Kondisi Oli

Oli mesin ini sangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen mesin. Jika keberadaan minyak pelumas sudah berwarna kehitam-hitaman atau kelenturan daya lumasnya berkurang, maka sebaiknya diganti. Ganti oli secara periodic dan gunakan sesuai dengan rekomendasi Pabrikan. Kalau bisa 1 bulan atau sesudah dipake untuk perjalanan jauh.

aki

Cek Kondisi Aki

Jangan dibiarkan air aki melewati batas maksimum dan minimum yang akibatnya bisa mempercepat kerusakan pada sel-sel aki.

Rantai

Periksa Rantai dan Gir

Jangan biarkan rantai terlalu kendor, atau terlalu kencang. Terlalu kendor bisa membuat rantai copot dari girnya, sementara terlalu kencang bisa mengakibatkan putus rantai. Cek juga kondisi gir, jikasudah tajam segera ganti karena jika tidak rantai bisa tiba-tiba putus. Bahaya kan, kalo lagi ngebut tiba-tiba putus rantai? Jangan lupa selalu dibersihkan atau diberi pelumas supaya awet.

Periksa Kabel Koil dan Busi

Perhatikan keberadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi. Jika sudah cukup umur dan sudah terlihat ada retakan dan pengerasan pada kabel tersebut, maka sebaiknya diganti. Juga perhatikan keberadaan busi karena busi sangat vital untuk kelancaran sebuah mesin kendaraan. Untuk yg suka melakukan touring sebaiknya membawa busi cadangan, jaga2 sewaktu dijalan busi kita mati.

Panaskan Mesin paling lama 2 Menit

Ini yang biasa terlupa oleh seorang biker. Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, tak perlu lama-lama cukup 1-2 menit. Ini supaya sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Jangan terlalu lama memanaskan karenaakan membuat pipa knalpot menguning selain itu pastinya jadi buang-buang bensin.

ban

Periksa Tekanan Angin Ban

Jangan terlalu keras dan juga jangan kurang karena bisa berakibat kembang ban motor rusak. Lihatlah pedoman yang ada dimotor anda. Berapa tekanan angin untuk sendiri dan boncengan.

part

Gunakan Selalu Sparepart Asli

Lok ini sich tergantung selera para biker. Tapi lok saya lebih memilih yang orisinil. Lebih baik mahal sedikit, tapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli, meski murah tapi tapi daya tahan kurang.

Tentang Mupenk

Saya sekarang bekerja disalah satu perusahaan milik negara. tepatnya di PTPN X PG Gempolkerep sebagai buruh pabrik. :mrgreen:
Pos ini dipublikasikan di motor, tips dan tag . Tandai permalink.

30 Balasan ke Tips Merawat Motor

  1. tuwek berkata:

    Perkunam

  2. cafebiker berkata:

    sip

    Dikirim lewat e71ne ndeb

  3. ridertua berkata:

    jangan lama2 manasi mesin.. kalau kopi yang panas oye 😆

  4. acik berkata:

    beneran tu bLackie-nya dirawat ky’gt??ᓾ

  5. acik berkata:

    dua kali sehari pa dua hari sekali??ᔀ

  6. mbr666 berkata:

    saya tidak pernah dirawat kaya gitu 😦
    dikirim dari kedungmaling

  7. Maskur berkata:

    ………absen……..

  8. ipanase berkata:

    asekkkkkkkkkkkk……….

  9. #99 bro berkata:

    ngonku gak ono gir lan rantene.

  10. tuwek berkata:

    Langganan bos,g oleh kamplengi…

  11. Hourex150L berkata:

    testing.. 😀 😀

  12. GLP berkata:

    sip penk…

Tinggalkan komentar