Cek Kondisi Oli
Oli mesin ini sangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen mesin. Jika keberadaan minyak pelumas sudah berwarna kehitam-hitaman atau kelenturan daya lumasnya berkurang, maka sebaiknya diganti. Ganti oli secara periodic dan gunakan sesuai dengan rekomendasi Pabrikan. Kalau bisa 1 bulan atau sesudah dipake untuk perjalanan jauh.
Cek Kondisi Aki
Jangan dibiarkan air aki melewati batas maksimum dan minimum yang akibatnya bisa mempercepat kerusakan pada sel-sel aki.
Periksa Rantai dan Gir
Jangan biarkan rantai terlalu kendor, atau terlalu kencang. Terlalu kendor bisa membuat rantai copot dari girnya, sementara terlalu kencang bisa mengakibatkan putus rantai. Cek juga kondisi gir, jikasudah tajam segera ganti karena jika tidak rantai bisa tiba-tiba putus. Bahaya kan, kalo lagi ngebut tiba-tiba putus rantai? Jangan lupa selalu dibersihkan atau diberi pelumas supaya awet.
Periksa Kabel Koil dan Busi
Perhatikan keberadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi. Jika sudah cukup umur dan sudah terlihat ada retakan dan pengerasan pada kabel tersebut, maka sebaiknya diganti. Juga perhatikan keberadaan busi karena busi sangat vital untuk kelancaran sebuah mesin kendaraan. Untuk yg suka melakukan touring sebaiknya membawa busi cadangan, jaga2 sewaktu dijalan busi kita mati.
Panaskan Mesin paling lama 2 Menit
Ini yang biasa terlupa oleh seorang biker. Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, tak perlu lama-lama cukup 1-2 menit. Ini supaya sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Jangan terlalu lama memanaskan karenaakan membuat pipa knalpot menguning selain itu pastinya jadi buang-buang bensin.
Periksa Tekanan Angin Ban
Jangan terlalu keras dan juga jangan kurang karena bisa berakibat kembang ban motor rusak. Lihatlah pedoman yang ada dimotor anda. Berapa tekanan angin untuk sendiri dan boncengan.
Gunakan Selalu Sparepart Asli
Lok ini sich tergantung selera para biker. Tapi lok saya lebih memilih yang orisinil. Lebih baik mahal sedikit, tapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli, meski murah tapi tapi daya tahan kurang.
Perkunam
Dikirim dari E63’e Ndhy
sip
Dikirim lewat e71ne ndeb
Pis
Dikirim dari E63’e Ndhy
jangan lama2 manasi mesin.. kalau kopi yang panas oye 😆
Diperhatikan suhu.
Dikirim dari E63’e Ndhy
beneran tu bLackie-nya dirawat ky’gt??ᓾ
Jangan kuatir.sama kayak yg punya.dimandi’in 2x sehari.
Dikirim dari E63’e Ndhy
dua kali sehari pa dua hari sekali??ᔀ
Up to you
Dikirim dari E63’e Ndhy
saya tidak pernah dirawat kaya gitu 😦
dikirim dari kedungmaling
Lho sekarangkan sudah ada yang merawat bos ditempat kerja? 😆
Dikirim dari E63’e Ndhy
………absen……..
Jirolu
Dikirim dari E63’e Ndhy
asekkkkkkkkkkkk……….
Buka titik joozzz…..
Dikirim dari E63’e Ndhy
ngonku gak ono gir lan rantene.
podo kang
Dikirim dari E63’e Ndhy
hadir
Okrex…. Endi brojolan’e?dienten2ni iki lho rek!
Dikirim dari E63’e Ndhy
Sip lah
Pis lah
Dikirim dari E63’e Ndhy
Langganan bos,g oleh kamplengi…
Silahkan dulur…
Dikirim dari E63’e Ndhy
testing.. 😀 😀
Tes diterima
Dikirim dari E63’e Ndhy
sip penk…
Okrek mz galrpo
Dikirim dari E63’e Ndhy
ok sip bro.!!
ok